Apa pun jenis mobilnya, Honda atau Toyota atau apa pun merk mobil,nya pemilik pastinya akan menduga-duga apa yang sebenarnya terjadi pada kendaraan mereka. Hal pertama, jelas datang ke bengkel mobil.

Namun, menyelesaikan masalah tidak hanya dengan datang ke tempat perawatan mobil tersebut. Permasalahan ini bisa dilihat secara detil ketika kamu langsung bertanya ke mekanik-mekanik tersebut.

Dikutip dari dari Mental Floss, mekanik Charles Sanville dari The Humble Mechanic, menyarankan pemilik mobil untuk bertanya kepada mekanik dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Baca juga: Awal yang Baru Untuk Servis Mobil di Bengkel Terdekat

Baca juga: Cari Servis Mobil di Bengkel Terdekat? Jangan Lupa Cek Komponen ini

1. Minta jelaskan masalahnya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta menjelaskan masalah pada mobil. Pertanyaan sederhana yang ini membuat sang pemilik bisa mengenali masalah apa yang terjadi pada mobil mereka.

2. Bagaimana jika tidak diperbaiki

Pastikan juga kamu sebagai pemilik mobil bertanya kepada mekanik, bagaimana jadinya jika bagian yang rusak atau ada beberapa bagian mobil yang bermasalah tidak diperbaiki.

Sebagai contoh, pergantian timing belt yang faktanya ternyata masih bisa digunakan untuk jarak tempuh yang tertentu. Hal ini menjadi penanda jika kamu memang benar-benar mencoba paham dengan masalah ini.

3. Tanyakan prioritas perbaikan

Pastinya, kamu pernah berhadapan dengan masalah di mana tak hanya satu komponen yang rusak, namun terhubung dengan komponen lainnya.

Sebagai pemilik, kamu juga wajib menanya untuk prioritas perbaikan pada komponen mobil tersebut.

Baca juga: Seperti Ini Cara Memilih Layanan Bengkel Mobil Home Service

Baca juga: Ini Keuntungan Menggunakan Layanan Bengkel Home Service

4. Tanyakan bagian yang rusak

Sebelum servis dilakukan di bengkel mobil tersebut, pastikan untuk menyimpan bagian komponen yang rusak tersebut. Tujuannya adalah agar kamu bisa belajar dan memahami bagian yang rusak dari mobil tersebut.

5. Tanyakan bagaimana cara memperbaikinya

Bertanya tentang suatu hal yang detil tentang servis atau perawatan yang dilakukan adalah hal yang positif dari sisi pemilik mobil. Hal ini bertujuan untuk membangun komunikasi dengan mekanik mobil.

Baca juga: Servis Mobil Jadi Mudah, Ini Keuntungan Aplikasi Booking Bengkel Online

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Layanan Bengkel Mobil Secara Online